Kamis, 18 Oktober 2012

Cara membuat foto menjadi kartun dengan Photoshop CS3

15 komentar
Sore semua :) kali ini saya akan share gimana Cara membuat foto menjadi kartun ..
Sebelum mencoba kalian harus bisa menguasai toolbar di Photoshop ...

tanpa banyak omong langsung ke tutorialnya aja deh ..

Membuat foto kartun itu gampang-gampang susah .. tergantung dari foto nya juga sebenernyar.. kalo fotonya high resolution hasil gambarnya bisa bagus.. tapi kalo resolusi nya yang agak low resolution bisa-bisa hasinya gak terlalu bagus.. tapi tergantung kreatifitas kita juga sebenernya..

buka foto yang mau dibuat kartun.. lalu tekan ctrl + J untuk menduplikat





Seleksi objek nya dengan pen Tool
 
Perbaiki kalo ada yang gak pas, pake direct selection tool

Klik select > Inverse.. tekan Delete ..
Jadinya background nya ilang..




Duplikasi layer background lagi dengan menekan ctrl + j di layer background.. , lalu pindahkan layer hasil copy ke paling atas.. klik layer background lagi.. tekan CTRL + Backspace.. ( sebelumnya setting foreground dan background color jadi default : hitam putih , atau tekan tombol D )
layer background jadi berwarna putih

Duplikat layer 1 atau layer foto yang sudah gak ada background nya.. lalu setting brightness Contras nya..


 Klik Filter > Sketch > Stamp






atau setting angkanya sendiri ya.. supaya keliatan lebih Ok aja.. karena ini semua tergantung dari kualitas foto nya juga.
Duplikat lagi layer yang udah pake efek stamp lalu klik Ctrl + Klik di layer nya.. tekan lagi CTRL + Backspace untuk membuat jadi putih.

Sekarang tukar posisi layer 1 copy 2 dengan layer dibawahnya



Layer foto bayangan putih masih dalam keadaan terseleksi..
Klik Create New Fill di layer palette > Solid Color


Klik 2 x di warna layer Color fill lalu ubah warna nya menjadi warna kulit.. nanti ini bisa diubah kok.. jadi gak di set skarang juga gak apa-apa.
Klik layer Outline , ubah layer efek nya menjadi Multiply

Sekarang kita buat Highlight atau garis-garis muka nya biar keliatan lebih real.
Ubah posisi layer 1 atau layer foto transparan menjadi di atas,


 Klik filter > Blur > Gaussian Blur

Klik Filter > Artistic > cutout

Ubah layer efek nya menjadi Multiply dan opacity menjadi 50%

hasilnya :

Keliatan kan highlight nya ?
Sekarang bersihkan bintik-bintiknya dengan menggunakan eraser tool

Warnai mata, bibir dan gigi..
Buat layer baru di atas layer warna atau dibawah layer outline.



Gunakan Brush tool untuk pewarnaan, warnai mata dan gigi dengan warna putih
Dengan cara yang sama, warnai bibir dengan warna merah muda.. atau marun keputih-putihan.. halah.. hehehe… terserah deh warnanya ya.. yang penting menyerupai bibir..




Silahkan dicoba :) semoga berhasil :)

 Berikut foto - foto yang udah saya jadiin kartun / vektor :)






Yang mau tutorialnya seperti foto - foto di atas Hub : 083849070036 atau chat lewat BlackBerry : pin2958212B
atau juga bisa inbox lewat Facebook : http://facebook.com/messages/AribCyber4rt/

15 Responses so far

  1. Thanks gan, sudah ane coba dan hasilnya M.A.N.T.A.P........

  2. kok saya ga bisa yg dari klik select -> inverse ngga kaya dicontoh malah ilang semua

  3. dah tak coba . . .
    oke thank , q berhasil , ternyata mudah juga hhhhhh

  4. Thank's ilmu sobb...cukup mudah dipahami bagi pemula seperti saya..

  5. Terima kasih semua udah komentar di blog saya :)

  6. ahmad says:

    nice trick gan

  7. mantabbb gan (y).

  8. Agung says:

    jozzz tenan..berhasill berhasil berhasilllll

  9. susaah..
    ko g bisa di inverst.. :(

  10. thanks gan artikelnya keren...
    Rajalistrik.com

  11. infonya sip, langsung tkp nih
    thanks gan!

  12. Naam78 says:

    izin belajar GAN

Leave a Reply